Top 10 : Plugin WordPress Yang Wajib di Install 2019

WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang paling populer didunia saat ini dengan populasi diatas 75.000.000 pengguna. Market yang begitu besarnya menjadikan WordPress menjadi CMS nomor #1 didunia. WordPress sendiri ada 2 jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan script lain yang menyertainya.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Guna memodifikasi dan mengoptimalkan performa dari WordPress.org bisa kita menggunakan plugin sebagai tools-nya. Ada lebih dari 50.000 plugin wordpress yang dapat dipilih pada Plugin Directory. Namun, plugin tersebut tidak bisa dijamin kualitasnya. Disini saya merangkum 10 plugin gratis yang wajib kamu install:

Top 10 Plugin WordPress Yang Wajib di Install

1. UpdraftPlus

Hacking, server crash atau kesalahan pengguna dapat merusak situs WordPress, sehingga backup sangat penting. UpdraftPlus memungkinkan kamu membuat cadangan file dengan satu klik, sehingga kamutidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan kamu.

2. Wordfence

Plugin keamanan terbaik yang tersedia, Wordfence melakukan pekerjaan yang hebat dalam melindungi terhadap serangan Cyber. Fitur-fiturnya termasuk firewall protection, malware scans, file integrity checks and log-in hardening.

3. Smush

Smush menggunakan kompresi lossless untuk secara otomatis mengoptimalkan gambar yang kamu upload ke situs WordPress kamu. Ini berarti kamu dapat mengubah ukuran gambar besar tanpa kehilangan kualitas gambar tersebut.

4. Shortlinks

Plugin berguna ini memungkinkan kamu mempersingkat link menggunakan nama domain kamu sendiri, yang sangat cocok untuk meringkas link afiliasi yang panjang. Plugin ini juga bisa melacak link untuk membantu kamu menganalisisa traffic WordPress.

5. Broken Link Checker

Broken link akan berdampak buruk untuk sebuah situs. Broken link checker memonitor setiap link di situs WordPress kamu dan akan memberi notifikasi untuk setiap perbaikan yang diperlukan.

6. Revive Old Post

Revive Old Post akan membantu membawa konten lamamu menjadi hidup dengan membagikannya secara otomatis ke media sosial Anda, termasuk Twitter dan Facebook.

7. WooCommerce

WooCommerce memberdayakan sekitar 30% dari semua toko online. Apa pun yang kamu ingin jual melalui situs WordPress, plugin ini memberimu kontrol total atas bagaimana kamu akan melakukannya.

8. Yoast SEO

Search Engine Optimisation (SEO) sangat penting untuk keberhasilan setiap situs web, dan yoast menjadi Plugin WordPress No. 1 untuk SEO. Jika kamu ingin meningkatkan visibilitas WordPress-mu ke mesin pencari, yoast menjadi alat yang sangat berguna.

9. TablePress

Plugin ini memungkinkan kamu untuk membuat tabel dengan cepat dan mudah dalam post WordPress. Kamu cukup memasukan shortcode tabel yang sudah dibuat ke dalam postingan tanpa membuat script tabel.

10. Akismet Anti-Spam

Spam komentar dapat menjadi masalah besar bagi pengguna WordPress, tapi Akismet melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mengidentifikasi spam dan penyaringan setiap komen yang masuk pada WordPress.

Sekian pembahasan tentang plugin wordpress yang dapat membantu untuk memodifikasi serta mengoptimalkan kinerja dari situs wordpress kamu. Semoga informasi yang dibagikan bisa bermanfaat 🙂

>