Cara Kerja dan Prinsip Motor 4 Tak dan 2 Tak

2
285

Cara Kerja Motor 4 Tak dan 2 Tak | Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara kerja dari motor 4 Tak dan 2 Tak. Buat kamu yang sedang mempelajari teknik otomotif pasti harus mengetahui dasar teori suatu komponen maupun sistemnya kan. Nahh kali ini saya akan berbagi tentang cara kerja dari motor 2 Tak dan 4 Tak atau sering disebut Motor 4 Langkah dan Motor 2 Langkah. Silakan simak dengan baik informasi berikut ini.

Apa itu Motor?

Pengertian Motor dari wikipedia adalah mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak.

Prinsip Kerja Motor
Prinsip Kerja Motor

Prinsip Kerja Motor Bensin

Pada dasarnya prinsip kerja pada motor bensin terdiri dari 5 hal yaitu:

  1. Pengisian campuran udara dan bahan bakar.
  2. Pemampatan/pengkompresian campuran udara dan bahan bakar.
  3. Pembakaran campuran udara dan bahan bakar.
  4. Pengembangan gas hasil pembakaran.
  5. Pembuangan gas bekas.
Prinsip kerja motor bensin diatas pada:
Pada Motor 4 Tak : Diselesaikan dalam empat gerakan piston atau dua putaran poros engkol.
Pada Motor 2 Tak : Diselesaikan dalam dua gerakan piston atau satu putaran poros engkol.

Langkah Kerja Motor

Langkah kerja motor terdiri dari :

  1. Langkah Hisap
  2. Langkah Kompresi
  3. Langkah Usaha
  4. Langkah Buang

Cara Kerja Motor 4 Tak (4 Langkah)

Cara Kerja Motor 4 Langkah (4 Tak)
Cara Kerja Motor 4 Langkah (4 Tak)
  1. Langkah Hisap
    Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah). dalam langkah ini, campuran udara dan bahan bakar dihisap ke dalam silinder. katup hisap terbuka sedangkan katup buang tertutup. Waktu piston bergerak ke bawah, menyebabkan ruang silinder menjadi vakum, masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder disebabkan adanya tekanan udara luar ( atmospheric pressure).
  2. Langkah Kompresi
    Piston bergerak dari TMB ke TMA. Dalam langkah ini, campuran udara dan bahan bakar dikompresikan/dimampatkan. Katup hisap dan katup buang tertutup. Waktu torak mulai naik dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) campuran udara dan bahan bakar yang dihisap tadi dikompresikan. Akibatnya tekanan dan temperaturnya menjadi naik, sehingga akan mudah terbakar.
  3. Langkah Usaha
    Piston bergerak dari TMA ke TMB. Dalam langkah ini, mesin menghasilkan tenaga untuk menggerakan kendaraan. Sesaat sebelum torak mencapai TMA pada saat langkah kompresi, busi memberi loncatan bunga api pada campuran yang telah dikompresikan. Dengan terjadinya pembakaran, kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong torak kebawah. Usaha ini yang menjadi tenaga mesin (engine power).
  4. Langkah Buang
    Piston bergerak dari TMB ke TMA. Dalam langkah ini, gas yang terbakar dibuang dari dalam silinder.  Katup buang terbuka, piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas bekas pembakaran ke luar dari silinder.
    Ketika torak mencapai TMA, akan mulai bergerak lagi untuk persiapan berikutnya, yaitu langkah hisap.

Cara Kerja Motor 2 Tak (2 Langkah)

Cara Kerja Motor 2 Langkah (2 Tak)
Cara Kerja Motor 2 Langkah (2 Tak)
  1. Langkah Hisap dan Kompresi
    Piston bergerak ke atas. Ruang dibawah piston menjadi vakum/hampa udara, akibatnya udara dan campuran bahan bakar terhisap masuk ke dalam ruang dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi, sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada di ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada saat 10-5 derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanannya menjadi terbakar dan meledak.
  2. Langkah Usaha dan Buang
    Hasil dari pembakaran tadi membuat piston bergerak ke bawah. Pada saat piston terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang diatas piston melalui saluran bilas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang, kemudian menuju knalpot.
    Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup.
Keterangan: Pada saat piston bergerak ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk, karena adanya reed valve.

Sekian pembahasan mengenai cara kerja motor 4 tak dan 2 tak, semoga bermanfaat untuk kalian 🙂

Previous articleTeks Asli Proklamasi Pernah Keliling Dunia Selama 47 Tahun
Next articleCara Mengatasi Gigitan Ular Weling dengan Benar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here