Bagaimana Cara Melindungi Toko Online dari Serangan Hacker

0
101

Apakah Anda memiliki toko online eCommerce? Maka saya yakin Anda mungkin menghadapi upaya peretasan. Membuat situs web itu mudah tetapi untuk membuatnya aman perlu sedikit perawatan ekstra. Bahkan situs web kecil menghadapi serangan dan Anda bahkan tidak dapat membayangkan alasan peretasan. Mayoritas serangan bukan untuk mencuri data Anda atau menghancurkan situs web Anda, tetapi mereka akan menggunakan server Anda untuk menyimpan beberapa file ilegal atau untuk menambang untuk Bitcoin. Biasanya skrip otomatis digunakan untuk menyerang keamanan situs web.

Mari kita bahas bagaimana cara mengamankan toko online eCommerce dari peretas (hacker) .

Tetap Perbarui Perangkat Lunak (Software)

Untuk menjaga keamanan situs Anda, Anda harus memperbarui semua perangkat lunak Anda. Ini berlaku untuk semua perangkat lunak yang berjalan di situs web Anda dan juga sistem operasi server. Peretas selalu mencari-cari untuk mendapat kesempatan menyerang sehingga Anda harus sangat berhati-hati dalam menangani masalah keamanan. Jika Anda menggunakan perangkat lunak pihak ketiga pada sistem Anda, kebanyakan mereka akan memberi tahu Anda dengan pembaruan baru.

Validasi Data Ganda

Dianjurkan untuk menggunakan validasi browser dan sisi server. Proses validasi dua tingkat akan membantu Anda memblokir login yang tidak sah.

Gunakan Penyedia Hosting

Anda dapat memilih salah satu penyedia hosting terbaik untuk hosting situs web Anda. Karenanya Anda tidak perlu khawatir tentang pembaruan keamanan. Penyedia hosting Anda sendiri akan mengurusnya. Mereka akan melindungi situs Anda dengan melakukan pencadangan rutin dan pembaruan keamanan. Cadangan ini akan membantu Anda mendapatkan kembali data situs web Anda jika terjadi kerusakan tak terduga.

Firewall

Ketika Anda memelihara server web Anda sendiri, Anda harus menyimpan beberapa firewall untuk membatasi akses tidak sah. Hanya port 80 dan 443 yang diizinkan untuk akses luar. Ini akan membantu melindungi server Anda.

Keamanan HTTPS

Ketika Anda menjalankan toko online eCommerce, Anda harus membangun kepercayaan di antara para pelanggan. Setiap pengunjung akan memeriksa apakah situs Anda dapat dipercaya atau tidak. Untuk faktor pertama itu, Google lebih suka adalah HTTPS. HTTPS adalah protokol yang menyediakan keamanan melalui internet. Ini memberi Anda gembok hijau pada browser Anda untuk mengidentifikasi apakah situs web Anda aman atau tidak.

Kebijakan Unggahan File

Berdasarkan kebutuhan bisnis Anda terkadang Anda harus mengizinkan pengguna untuk mengunggah gambar atau file ke situs web Anda. Namun, disarankan untuk tidak pernah mengizinkan pengguna untuk menambahkan file ke situs web Anda, itu sangat berisiko. Jika Anda ingin mengizinkan pengunggahan maka Anda tidak harus memberi mereka izin untuk mengeksekusi file itu. Karena Anda tidak dapat secara membabi buta mempercayai semua pengguna.

Gunakan Alat Keamanan Situs Web

Secara manual tidak mungkin untuk selalu memeriksa dan memantau keamanan situs web Anda. Jadi untuk melakukan ini dengan cara yang paling efektif Anda dapat menggunakan alat keamanan. Banyak alat berbayar dan gratis tersedia. Beberapa alat gratis adalah Xenotix XSS Exploit Framework, SecurityHeaders.io, OpenVAS, Netsparker, dll.

Previous article5 Alasan Mengapa LiteSpeed Cache Adalah Plugin Terbaik Untuk WordPress
Next article10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Untuk Meningkatkan SEO di WordPress

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here