Cara Menentukan Arah Kiblat Tanpa Aplikasi dengan Qibla Finder

0
141

Sebagai umat muslim yang taat tentunya kita semua pasti menjalankan rukun Islam. Salah satu rukun Islam yang kita laksanakan dan amalkan setiap sehari ialah Ibadah Shalat. Jika kita melaksanakan ibadah shalat di masjid atau dirumah pastinya kita sudah tau arah kiblatnya, karena rungan atau tempat itu sudah didesain mengarah ke kiblat. Namun jika kita sedang bepergian kesuatu tempat yang baru pasti sebagian dari kita merasa bingung terhadap arah kiblat di tempat tersebut.

Solusi dari masalah untuk menentukan arah kiblat saat ini telah tersedia aplikasi terbaru dari Google untuk menentukan arah kiblat yaitu Google Qibla Finder. Cara terbaru dan sangat simple untuk menentukan arah kiblat tanpa Aplikasi. Teknologi ini dipadukan dengan  Artificial Intelligence (AI) yang merupakan teknologi terbaru saat ini. Sebelum jauh pembahasannya masri kita simak terlebih dahulu apa itu arah kiblat.

Apa itu Kiblat?

Arah kiblat adalah arah dari suatu tempat (lokasi) ke Ka’bah di Masjidil Haram, Mekkah dengan jarak yang terdekat. Maksud “jarak yang terdekat” disini karena bumi ini bulat, sehingga arah kiblat suatu tempat itu sebenarnya lebih dari satu. Misalnya, arah kiblat kota Yogyakarta ada dua, yaitu menghadap ke barat laut dan timur tenggara. Tetapi yang digunakan adalah arah barat laut karena arah itu yang paling dekat dibandingkan dengan arah ke timur tenggara.

Cara Menggunakan Google Qibla Finder:

Perhatian: Pastikan smartphone-mu mempunyai fitur gyroscope.
  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menggunkan Google Qibla Finder di browser smartphone, silakan klik Qibla Finder
  2. Setelah halaman tersebut terbuka maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini, selanjutnya silakan klik tombol “Ayo”.
    QF (1)
  3. Selanjutnya kamu akan diarahkan kehalaman seperti pada gambar dibawah ini, kemudian silakan klik tombol “OK”.
    QF (2)
  4. Jika ada pemberitahuan untuk mengaktifkan perijinan untuk mengakses kamera dan gps maka silakan klik tombol “Continue”. Namun jika tidak ada pemberitahuan seperti gambar dibawah ini maka lewati saja langkah ini.
    QF (3)
  5. Silakan klik tombol “Allow” seperti gambar dibawah ini.
    QF (4)
  6. Silakan klik tombol “Allow” seperti gambar dibawah ini.
    QF (5)
  7. Selanjutnya tampilan halamannya akan berubah seperi gambar dibawah ini. Kemudian arahkan smartphone-mu hingga menuju arah kiblat dan geser sajadah kamu hingga segaris dengan arah kiblat (garis warna biru).Untuk mencoba fitur lainnya silakan matikan kamera dengan cara klik gambar kamera dipojok kanan atas.
    QF (6)
  8. Setelah menonaktifkan kamera maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Arah kan lingkaran putih ditengah tersebut kegambar Ka’bah untuk memastikan kamu benar menghadap ke arah kiblat.
    QF (7)
  9. Jika benar kamu sudah menghadap kearah kiblat maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Dengan Google Qibla Finder ini kamu juga bisa mengukur jarak lokasimu saat ini sampai ke Ka’bah. Sebagai contoh jarak Ka’bah sampai lokasi saya saat ini adalah 8.365Km.
    QF (8)

Naahh… pembahasan diatas merupakan cara menggunakan Google Qibla Finder untuk menentukan arah kiblat tanpa aplikasi. Cukup lewat browser kamu sudah bisa menentukan arah kiblat dari posisimu saat ini. Kemudahan lainnya adalah kamu bisa menggunakan cara ini kapan saja dan dimana saja, namun dengan catatan bahwa ada jaringan internet dilokasimu. Jangan lupa share ke temanmu agar mereka juga tahu informasi ini.

Previous articleKelebihan dan Kekurangan Web Hosting IIX (Indonesia)
Next articleCara Pesan Tiket Prameks Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here