Cara Mengatasi Masalah Ads.txt Adsense Pada Blogspot dan WordPress

0
134

Cara mengatasi masalah Ads.txt pada pada Adsense di Blogspot dan WordPress – Beberapa hari ini saya cukup terkejut karena mendapatkan pemberitahuan berupa peringatan masalah Ads.txt yang berdampak pada pendapatan Adsense. Pemberitahuan tersebut berupa :

Earnings at risk – One or more of your sites does not have an ads.txt file. Fix this now to avoid severe impact to your revenue.

Pemberitahuan masalah Ads.txt muncul saat membuka akun Adsense. Namun bukan hanya saya saja yang mendapakan pemberitahuan seperti itu, banyak publisher Adsense yang lain juga mendapatkan pemberitahuan serupa. Sebelum membahas cara mengatasi masalah Ads.txt pada pada Adsense, sebaiknya kita kenal terlebih dahulu apa itu Ads.txt.

Apa itu Ads.txt?

Authorized Digital Sellers, atau ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Sangat disarankan agar Anda menggunakan file ads.txt. File ads.txt dapat membantu pembeli inventaris iklan mengidentifikasi inventaris palsu sehingga Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mungkin dibelanjakan pada inventaris palsu.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Memasang Ads.txt?

Ads.txt memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dalam proses lelang iklan karena permintaan iklan pada halaman baru sepertinya tidak akan dapat terpenuhi tanpa memasang Ads.txt dalam root domain sehingga sangat memungkinkan kalau halaman tersebut akan blank meski telah dipasang script iklan.

Bagaimana Cara Memasang Ads.txt untuk Blogspot atau Blogger?

  1. Login ke Blogger.
  2. Di kiri atas, klik panah Bawah.
  3. Klik blog tempat Anda ingin menyiapkan file ads.txt.
  4. Di bagian kiri, klik Setelan.
  5. Di bagian “Setelan“, klik Preferensi penelusuran.
  6. Di bagian “Monetisasi“, temukan “ads.txt kustom” lalu klik Edit.
  7. Klik Ya.
  8. Salin dan tempelkan dibawah ini di kotak teks.
    google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
    Catatan Penting: Pastikan kamu mengganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang Adsense kamu sendiri.
  9. Klik Simpan setelan
  10. OpsionalUntuk memeriksa isi file ads.txt Anda, buka http://example.com/ads.txt.

Bagaimana Cara Memasang Ads.txt untuk WordPress?

  1. Buat file teks (.txt) di Notepad.
  2. Sertakan baris berikut:
    google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
    Catatan Penting: Pastikan kamu mengganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang Adsense kamu sendiri.
  3. Hosting file ads.txt di tingkat root domain. (misalnya, https://example.com/ads.txt).Tingkat root satu tingkat lebih rendah dari yang tercantum dalam daftar akhiran publik. Misalnya, “google.co.uk” adalah domain root dari “co.uk” tetapi “maps.google.co.uk” bukan domain root.

Semoga informasi tentang cara mengatasi masalah Ads.txt pada Adsense dapat membantu mengatasi masalah yang saat ini terjadi. 🙂

Previous articleIstilah Dasar Dalam Asuransi
Next articleCara Transfer Uang dari DANA ke OVO dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here