Cara Mudah Merawat Ban Motor Dijamin Awet dan Tahan Lebih Lama

0
97

Ban merupakan salah satu komponen dari sebuah kendaraan. Jangan anggap sepele untuk masalah yang terjadi pada ban. Kondisi ban akan sangat mempengaruhi keyamanan berkendara kita dijalanan. Apabila ban sampai meledak dijalan akan sangat fatal akibatnya pada kita sendiri dan orang lain. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai cara merawat ban dengan mudah agar awet dan tahan lebih lama. Agar lebih aman dan nyaman saat kita berkendara dijalan.

Apa itu Pengertian Ban?

Ban adalah bagian penting dari sebuah kendaraan yang digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Bagaimana Cara Merawat Ban Motor?

Berikut ini merupakan cara merawat ban motor dengan mudah yang bisa kamu terapkan sendiri:

  1. Cek Tekanan Ban Secara Berkala
    Cek tekanan ban motor minimal satu bulan sekali. Hal itu dikarenakan tekanan ban yang kurang tepat dapat merusak velg motor. Selain itu, tekanan ban yang kurang juga dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara di jalan tidak rata dan berbelok.
  2. Jangan Membawa Beban Berlebih
    Jangan membawa beban berlebih saat mengendarai motor. Jika pengendara sering membawa beban berlebih, ban motor akan lebih cepat gundul atau tipis.
  3. Cek Kondisi Shock Breaker
    Pastikan shock breaker depan dan belakang bekerja dengan baik. Jika menemukan salah satu shock breaker motor sudah tidak bekerja dengan baik, sebaiknya segera diganti. Selain mengganggu kenyaman berkendara, shock breaker yang rusak dapat menyebabkan tapak ban motor tipis secara tidak merata.
  4. Gunakan Standart Tengah
    Usahakan menggunakan standart tengah saat sedang memarkir motor. Menggunakan standart tengah akan mengurangi tekanan samping pada ban saat sedang diparkir. Hal ini bertujuan agar ban tidak mudah retak dan rusak.
  5. Ganti Ban Motor Tepat Waktu
    Jika menemukan tanda-tanda ban motor sudah harus diganti, seperti permukaan tapak yang tipis atau retak di bagian dinding ban, maka segeralah mengganti.

Sekian pembahasan tentang cara merawat ban motor yang bisa diterapkan sendiri. Jangan lupa share agar teman kalian juga tahu tentang info ini.

Previous articleDownload Skin atau Livery Bus Simulator Terbaru 2022
Next articlePengecoran Logam dengan Cetakan Pasir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here