Pengalaman Verifikasi dan Aktivasi Jenius BTPN diluar Jabodetabek

Pengalaman cara verifikasi akun Jenius diluar dari jangkauan Jenius Crew. Jenius Crew merupakan petugas dari BTPN yang akan datang ke lokasi kita untuk mem-verifikasi akun Jenius. Namun saat ini Jenius Crew baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Jadi buat kamu yang berada diluar lokasi tersebut, kamu harus ke BTPN Sinaya atau BTPN Purna Bhakti terdekat dari lokasimu.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara verifikasi akun Jenius diluar dari jangkauan Jenius Crew. Jenius Crew merupakan petugas dari BTPN yang akan datang ke lokasi kita untuk mem-verifikasi akun Jenius. Namun saat ini Jenius Crew baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Jadi buat kamu yang berada diluar lokasi tersebut, kamu harus ke BTPN Sinaya atau BTPN Purna Bhakti terdekat dari lokasimu. Baca juga: Manfaat Jenius BTPN untuk Pengeloaan Keuangan.

Pengalaman yang saya tulis kali ini merupakan pengalaman pribadi saya saat aktivasi akun Jenius di BTPN KCP Boyolali, lokasi tepatnya berada di depan Kantor Pemadam Kebakaran Boyolali. Karena lokasi saya saat ini berada diluar dari jangkauan Jenius Crew, sehingga saya harus mengaktivasi akun jenius di BTPN Sinaya atau BTPN Purnabakti terdekat. Lokasi terdekat untuk verifikasi saat ini ialah di BTPN KCP Boyolali.

Note: Gunakan $Cashtag $fendiwahyu untuk mendapatkan saldo awal sebesar Rp50.000
Jenius BTPN

Syarat Aktivasi Jenius BTPN:

Berkas yang harus dibawa saat aktivasi Jenius BTPN antara lain:

  • e-KTP
  • NPWP
    Jika tidak memiliki NPWP, siapkan fotokopi e-KTP dan NPWP milik pasangan atai orangtua.

Pada tanggal 7 Februari 2019 saya registrasi akun Jenius dari smartphone, kamu bisa download di link dibawah ini nanti. Syarat yang dibutuhkan saat proses registrasi antara lain; KTP dan Tanda Tangan di kertas. Kamu bisa mendapatkan saldo awal sebesar Rp50.000 dengan memasukan cashtagย $fendiwahyu. Setelah proses registrasi selesai kamu diberi waktu 30 Hari untuk mengaktifkan akun Jenius-mu. Jika kamu berada di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, kamu bisa memanfaatkan layanan Jenius Crew untuk datang ke rumah atau kantormu. Tapi jika berada diluar wilayah tersebut kamu bisa datang ke BTPN Sinaya atau BTPN Purnabakti terdekat.

๐Ÿ‘ฑ: “Apakah bisa verikasi akun jenius disini?”
๐Ÿ‘ฎ: “Bisa mas, silakan antri di Loket 4”
๐Ÿ‘ฑ: “Baik, terimakasih pak”

Kemudian saya mengantri di Loket 4 karena yang melayani aktivasi akun Jenius disitu. Sekitar 15menit menunggu, tibalah giliran saya. Kemudian saya ditanya apa keperluannya, lalu saya mengatakan bahwa saya ingin mengaktivasi akun Jenius.

๐Ÿ‘ฉ: “Ada yang bisa saya bantu mas?”
๐Ÿ‘ฑ: “Saya ingin aktivasi Jenius mbak.”
๐Ÿ‘ฉ: “Sebelumnya sudah membuat akun Jenius-nya?”
๐Ÿ‘ฑ: “Sudah mbak.”
๐Ÿ‘ฉ: “Boleh pinjam e-KTP dan NPWP-nya?”
๐Ÿ‘ฑ: “Ini mbak, tapi saya belum punya NPWP.” (sambil menyerahkan e-KTP)
๐Ÿ‘ฉ: “Baik silakan tunggu sebentar.”

Kemudian petugas tersebut masuk sebuah ruangan dan membawa e-KTP saya untuk verifikasi, tak beberapa lama petugas tadi keluar membawa 2 lembar kertas. Kertas tersebut antara lain; form verifikasi Jenius BTPN dan form pernyataan bahwa belum memiliki NPWP yang harus saya isi dan tandangani.

Setelah saya selesai mengisi 2 form tersebut kemudian saya serahkan kepada petugas tadi. Kemudian petugas tadi mengambil form-nya dan meng-input di komputer. Selesai meng-input tadi petugas mengatakan kepada saya seperti ini:

๐Ÿ‘ฉ: “Ini sudah selesai semua ya mas, kemungkinan akun Jenius-nya sudah aktif beberapa saat lagi. Untuk kartu debitnya akan dikirimkan dalam waktu 14 hari kerja.”
๐Ÿ‘ฑ: “Baik mbak, terimakasih.”
๐Ÿ‘ฉ: “Baik, sama-sama. Ada yang ditanyakan lagi?”
๐Ÿ‘ฑ: “Untuk NPWP-nya nanti apa harus segera membuat dan upload ke akun Jenius-nya? Soalnya saya lihat di aplikasi Jenius-nya ada tenggat waktu 14 hari setelah akun Jenius aktif untuk segera upload NPWP-nya.”
๐Ÿ‘ฉ: “Untuk NPWP-nya jika belum memiliki, tidak perlu upload dalam 14 hari tersebut, karena telah mengisi dan menanda tangani form tadi.”
๐Ÿ‘ฑ: “Baik mbak terimakasih :)”
๐Ÿ‘ฉ: “Sama-sama mas”

FYI buat kalian semua, disini saya memang belum meiliki NPWP sewaktu aktivasi Jenius di BTPN KCP Boyolali ini. Karena di aplikasi Jenius itu saya baca informasi bahwa NPWP memang optional saat proses aktivasi. Berkas wajib yang dibawa adalah e-KTP namun setelah akun sudah aktif harus segera upload NPWP dalam waktu 14 hari setelah akun aktif. Tapi saat melakukan aktivasi di BTPN KCP Boyolali ini saya sudah mengisi menanda tanganiย  form bahwa saya belum memiliki NPWP jadi tidak diwajibkan untuk segera upload NPWP-nya, seperti yang diinformasikan petugas dalam percakapan diatas.

Pada hari yang sama yaitu 12 Februari 2019 akun Jenius saya sudah aktif sekitar jam 11.00 WIB. Seperti yang tercantum di email dibawah ini.

Email Aktivasi Jenius BTPN
Email Aktivasi Jenius BTPN

Email Aktivasi Jenius BTPNSetelah menunggu 6 hari yaitu pada tanggal 18 Februari saya menerima SMS dan email permberitahuan bahwa Kartu Debit Jenius BTPN sedang dikirim melalui jasa Ninja Express. Alamat pengirimannya sesuai dengan alamat korespondensi yang telah diisi di akun Jenius saat registrasi. Sekitar jam 12.30 WIB saya menerima kiriman berupa amplop yang berisi Kartu Debit Jenius BTPN yang dibungkus sangat rapi. Berikut ini penampakan kartunya:

Paket Kartu Debit Jenius BTPN
Paket Kartu Debit Jenius BTPN
  • Amplop pembungkus sangat rapi dan masih tersegel.
  • Didalam amplop tersebut ada kertas berwarna biru yang berisi penjelasan Kartu Debit Jenius BTPN, cara aktivasidan tentunya Kartu Debit Jenius BTPN (m-Card) itu sendiri.
m-Card Jenius BTPN
m-Card Jenius BTPN

Jadi seperti itu pengalaman saya sewaktu melakukan aktivasi akun Jenius BTPN diluar wilayah jangkauan Jenius Crew. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa share ke teman-temanmu agar mereka tahu informasi tentang cara aktivasi Jenius BTPN diluar wilayah Jabodetabek.

>