Mengenal Desa Brajan Lebih Dekat

0
172

Desa Brajan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Dilihat dari letak geografisnya, desa Brajan memiliki luas wilayah 298,77Ha. Jarak tempuh dari desa ke kecamatan kurang lebih 6 km ke arah Utara, sedangkan jarak dari desa ke kabupaten Boyolali kurang lebih 9 km ke arah timur. Jika lewat jalur dari arah selatan, bisa lewat Pasar Mojosongo ke arah Utara kurang lebih 5 km.

Sejarah

Awal mula berdirinya desa Brajan yaitu dari perjalanan penyebaran agama Islam yang dibawa Kyai Torono. Kyai Torono melakukan perjalanan menuju kediaman saudaranya yaitu Kyai Wonokerto yang ada di Gunung Tugel dan Kyai Wonosari yang ada di Gatak Klepu di dalam perjalanan beliau membekali diri dengan sebuah pusaka yang dinamai Kyai Brojo yang berwujudkan sebuah keris. Suatu ketika Kyai Torono singgah disuatu tempat dan Kyai Torono pun menamai tempat tersebut dengan nama Brajan yang di ambil dari nama pusaka yang beliau bawa. Dan dari situlah Desa Brajan terbentuk, sebelum terbentuknya desa wilayah Brajan sebagian besar masih berupa tegalan.

Setelah terbentuknya Desa Brajan menyusulah dukuh dukuh baru yang terbentuk dan pemukimanpun mulai bertumbuh secara pesat yang semula hanya berupa daerah tegal dan sawah. Sekarang Desa Brajan mempunyai 14 dukuh yaitu : Karang Joho, Brajan, Randusari, Lemahbang, Tangungsari, Geneng Kembang, Tegal Geneng, Tegal Sari, Badran, Ledok, Gunung Sari, Klepu, Gatak, Geneng Timah.

Batas-Batas Desa

Desa Brajan berbatasan dengan beberapa desa yaitu :

  • Sebelah Timur : Desa Mojolegi kecamatan Teras
  • Sebelah Selatan : Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo
  • Sebelah Barat : Desa Methuk Kecamatan Mojosongo
  • Sebelah Utara : Desa Dlingo Kecamatan Mojosongo

Dusun

Desa Brajan memiliki empat belas dusun yaitu:

  1. Karang Joho
  2. Brajan
  3. Randusari
  4. Lemahbang
  5. Tangungsari
  6. Geneng Kembang
  7. Tegal Geneng
  8. Tegal Sari
  9. Badran
  10. Ledok
  11. Gunung Sari
  12. Klepu
  13. Gatak
  14. Geneng Timah

Penduduk

Penduduk memiliki pengaruh yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pembangunan, sehingga penduduk merupakan sumber daya sebagai salah satu faktor penentu pembangunan, berhasil tidaknya pembangunan tersebut tergantung dari kwalitas sumber daya manusia masing-masing desa. Masalah Penduduk perlu mendapat penanganan yang serius sehingga mobilitas penduduk dapat diketahui secara akurat. Sehingga beban desa penampung jumlah penduduk dapat dikendalikan sesuai dengan daya dukung alam yang tersedia. Jumlah penduduk Desa Brajan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali sebagai berikut :
Jumlah Penduduk : 2340 jiwa
Terdiri dari :

  • Laki-laki : 1220 jiwa
  • Perempuan : 1120 jiwa
  • Jumlah KK : 558 KK
  • Jumlah Keluarga Miskin : 79 KK
  • Jumlah Balita : 190 anak

Update per 2017

Previous articleCara Blokir SMS Penipuan atau SPAM di Android
Next articleTeks Asli Proklamasi Pernah Keliling Dunia Selama 47 Tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here