Perbedaan Baterai Laptop Original, KW, dan OEM

Sebagai pengguna laptop pasti akan merasakan performa baterai laptop yang digunakan mengalami penurunan jika sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama. Penurunan performa atau kualitas daya tahan baterai ini seperti baterai laptop habis dalam waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan waktu awal membeli, baterai laptop drop, bahkan sampai baterai laptop tidak bisa di-charge (Not Charging).

Sebagai pengguna laptop pasti akan merasakan performa baterai laptop yang digunakan mengalami penurunan jika sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama. Penurunan performa atau kualitas daya tahan baterai ini seperti baterai laptop habis dalam waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan waktu awal membeli, baterai laptop drop, bahkan sampai baterai laptop tidak bisa di-charge (Not Charging).

Jika sudah mengalami hal-hal tersebut disarankan untuk mengganti baterai laptop dengan baterai baru. Namun sebelum membeli baterai laptop baru kalian harus hati-hati dalam memilih baterai laptop itu. Karena, saat ini dipasaran beredar sangat banyak baterai kw atau palsu. Jangan sampai kalian dibohongi oleh penjual nakal yang menawarkan baterai laptop original, namun yang sebenarnya itu adalah baterai kw atau palsu.

Sebelum memilih dan membeli baterai laptop pastikan kalian mengetahui perbedaan baterai laptop Original, OEM dan KW (imitasi). Simak penjelasannya dibawah ini.

Baterai Laptop Original

Baterai original merupakan baterai yang dikeluarkan oleh perusahaan laptop secara resmi dengan merek dan type yang berbeda-beda. Setiap baterai yang dibuat mempunyai SN (Serial Number) yang berbeda satu dengan yang lain. Baterai original sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya OSC dan OEM. OSM atau Original Service Center adalah baterai yang bisa dibeli pada service center resmi laptop yang Anda miliki.

Baterai Laptop Original
Baterai Laptop Original

Kualitas baterai OSC sudah tidak diragukan lagi sekalipun harganya memang jauh lebih mahal. Harga baterai original memang termahal dari baterai lainnya terutama dari baterai KW. Namun, Anda bisa puas dengan performa baterai laptop original OSC.

Baterai Laptop KW

Baterai KW merupakan baterai palsu yang banyak beredar dipasaran. Jika Anda tidak jeli dengan baterai jenis ini, Anda bisa tertipu penjualnya. Baterai KW memiliki kualitas yang paling rendah namun dibuat dengan desain yang sangat mirip dengan baterai original. Baterai KW harganya jauh lebih terjangkau dari baterai original ataupun OEM. Semakin murah harga baterai KW maka kualitasnya juga semakin rendah. Bagi orang awam, memang sangat sulit untuk mengetahui apakah baterai laptop yang akan dia beli itu original atau KW.

Baterai Laptop KW
Baterai Laptop KW

Baterai Laptop OEM

Baterai original jenis lainnya adalah OEM atau Original Equipment Manufacturer. Baterai jenis ini sama dengan baterai OSC, hanya saja baterai ini tidak dijual di service center. Anda bisa mendapatkan baterai OEM dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga baterai OSC. Sekalipun lebih murah dari baterai OSC, namun kualitas atau performa baterai laptop OEM sama bagusnya dengan OSC.

Baterai Laptop OEM
Baterai Laptop OEM

Jika kalian menginginkan baterai yang berkualitas dan tahan lama, memilih baterai laptop Original adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda ingin baterai yang murah, baterai KW adalah pilihannya. Lalu bagaimana cara membedakan antara baterai laptop original dan baterai laptop KW? Berikut ini 5 tips cara mengetahui perbedaan baterai laptop original atau palsu.

1.  Harga Baterai Laptop
Setelah kita melihat barang, maka biasanya kita akan menanyakan harga produk tersebut. Harga merupakan faktor penting seorang konsumen membeli barang tersebut. Namun perlu diingat, bila pedagang menawarkan harga yang terlalu miring untuk merek barang tertentu(brand besar), Anda perlu waspada. karena bisa jadi produk baterai laptop yang ditawarkan itu tidak original/palsu. Karena yang banyak terjadi di pasar adalah pedagang suku cadang palsu rata-rata memberikan harga murah kepada konsumen supaya mereka tertarik untuk membeli produk palsu mereka.

2. Kemasan Baterai Laptop
Biasanya barang adalah yang pertama kita lihat sebelum menanyakan harga, nah, kesempatan inilah yang bisa kita pakai untuk meneliti kemasan barang tersebut. Kemasan atau bungkus dari baterai original biasanya memiliki warna serta tulisan yang lebih jelas dibandingkan produk KW. Selain itu, kemasan dan produk yang tidak original pun kerap kali berwarna pudar.

3. Memilih Tempat Membeli Baterai Laptop
Memilih tempat membeli merupakan hal yang paling pertama bisa anda lakukan. Jika anda menginginkan baterai yang 100% original, tentu saja dengan membeli langsung di servise center resmi. Namun jika anda ingin membeli barang original yang harganya lebih miring atau barang non original yang berkualitas lumayan bagus maka yang harus anda lakukan adalah dengan memlilih counter yang anda kenal sehingga mereka akan berkata jujur dengan kualitas barang yang amereka jual.

4. Bahan Baku Baterai Laptop
Biasanya ada toko yang memperbolehkan produknya dibuka dari kemasan. Kesempatan ini jangan disia-siakan karena anda dapat mengecek bahan baku produk yang dimaksud. Anda dapat memperhatikan secara detil seperti apa bahan yang digunakan pada produk itu. Biasanya produk palsu menggunakan komponen yang memiliki mutu rendah dibandingkan dengan produk original.

5. Garansi Baterai Laptop
Jika keempat tips diatas masih menimbulkan keraguan, maka tips terakhir ini akan sangat membantu anda. Perhatikan garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Jika barang yang dimaksud original, maka penjual akan memberikan garansi langsung dari produsen baterai yang dimaksud. Namun kalau penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, bisa dipastikan produk tersebut itu palsu.

Kesimpulan

Jika kalian ingin membeli baterai dengan kualitas terbaik dan tahan lama, maka pilihan terbaik adalah membeli baterai laptop original. Namun jika budget terbatas maka sebaiknya kalian pilih baterai laptop KW. Secara kualitas antara baterai Original, OEM dan KW dapat dilihat perkiraan presentase berikut:

Nama Keterangan
Original Kualitas 100%
OEM Kualitas 98%
KW Super Kualitas 85%
KW 1 Kualitas 70%
KW 2 Kualitas 60%
KW 3 Kualitas 50%

*) Tabel ini tidak mutlak dan hanya sebagai perkiraan perbandingan kualitas baterai.

>